Sabtu, 02 Juni 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


Manusia dan Kebudayaan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, keduanya merupakan sesuatu yang saling berhubungan satu sama lain. Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai manusia dan kebudayaan, pertama mari kita bahas mengenai pengertian dari manusia dan kebudayaan itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, umumnya makhluk hidup tergolong menjadi 3 jenis, yaitu : manusia, hewan, dan tumbuhan.

Yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya adalah jika dilihat dari berbagai sudut pandang, salah satunya adalah manusia diberi akal pikiran yang membuat kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang salah. Sedangkan budaya atau kebudayaan merupakan suatu kebiasaan (tradisi) atau cara hidup manusia yang diciptakan oleh manusia itu sendiriyang berkembang dan dilakukan oleh sekelompok manusia (kelompok masyarakat) dan diwariskan secara turun-menurun dari generasi ke generasi. Hasil dari kebudayaan itu sendiri disebut dengan peradaban.

Contoh dari perdaban salah satunya adalah praktik pertanian dari zaman ke zaman semakin berubah, jika dulu praktik pertanian harus selalu menunggu proses alam untuk menikmati hasilnya, maka sekarang manusia dapat menghasilkan tanaman tanpa menunggu proses alam seperti yang dilakukan oleh negara-negara maju. Inilah hasil dari peradaban modern, peradaban yang dihasilkan dari kebudayaan. Kebudayaan juga mempunyai unsur-unsur penting, yaitu :
1. Sistem Kepercayaan
2. Sistem Pengetahuan
3. Peralatan dan Perlengkapan Hidup
4. Mata Pencarian dan Sistem-sistem Ekonomi
5. Sistem Kemasyarakatan
6. Bahasa
7. Kesenian
Ketujuh unsur itulah yang sangat mendukung terbentuknya kebudayaan pada manusia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar