Pengaruh e-Business terhadap proses bisnis
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis
termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing),
manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik,
penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan
dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau
kombinasi di antaranya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi e-Business
Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan
aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses
e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi
bisnis apapun yaitu
1. validitas
2. integritas
3. privasi.
Model-Model E-Business
1. B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh
teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
2. Consumer-to-consumer (C2C) dimana konsumen menjual produk
secara langsung kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan produk,
jasa, pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang atau classified
ads. Contohnya meliputi www.bekas.com dan www.classified2000.com.
3. B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan
oleh teknologi antara individu dan organisasi.
4. Consumer-to-business (C2B) meliputi individu yang menjual
produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual,
berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
5. Non-business electronic commerce, terdiri atas institusi non
bisnis seperti lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan,
organisasi sosial, dan instansi pemerintah. Contohnya, www.bappenas.go.id,
www.bps.go.id, www.komnas.go.id, www.bppt.go.id. Umumnya organisasi non bisnis
menggunakan berbagai tipe e-commerce atau e-business untuk keperluan menekan
biaya atau meningkatkan layanan pelanggan dan operasi.
6. Intrabusiness (organizational) electronic commerce meliputi
semua aktivitas internal organisasi yang biasanya dilakukan melalui internet
dan meliputi pertukaran barang, jasa atau informasi.
Infrastruktur e-Business
Jaringan untuk melakukan kegiatan e-Business, kita memerlukan
jaringan untuk membuat koneksi ke internet
Software KomunikasiSoftware komunikasi mengelola aliran data
melalui suatu jaringan. Software komunikasi didesain untuk bekerja dengan
berbagai jenis peraturan dan prosedur untuk pertukaran data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar